22 Desember, 2010

Pengertian Tablature Gitar

Guitar Tabs Indo
Definisi tablature: adalah enam garis yang menggambarkan guitar fingerboard, garis teratas menunjukkan senar yang bernada paling tinggi (high E / E tinggi / senar no 1 -- standard tuning), dan garis paling bawah menunjukkan senar yang bernada paling rendah (Low E / E rendah / senar no 6)
Tablature guitar (Guitar Tab), Merupakan catatan yang menuliskan nada-nada terperinci dari sebuah lagu , biasanya pada saat permainan solo gitar melodi, sehingga dengan adanya tablature gitar kita bisa menuliskan nada-nada permainan gitar kita atau kita dapat dengan mudah memainkan melodi dari sebuah lagu.

Istilah teknik-teknik pada tablature gitar
  1. Hammer on : petik not awal(pertama) / not lebih rendah dengan cara picking(memetik dengan pick) lalu bunyikan not lebih tinggi dengan jari lain dengan tanpa picking lagi
  2. Pull off : tempatkan jari bersamaan pada not-not yang akan dibunyikan. Petik not awal (not lebih tinggi), tarik jari pertama anda(yang memetik not awal) untuk membunyikan not berikutnya
  3. Slide : petik not awal, geser jari pada not berikutnya (lebih rendah atau tinggi). Ada dua slide disini, pertama: tanpa memetik not berikutnya (sekali petik 2 not), kedua: dengan memetik not berikutnya (dua petik, 2 not)
  4. Pick slide : bunyikan not dengan memakai sisi pick, sehingga muncul suara gerit/seret(scratch)
  5. Tapping : dengan ujung jari telunjuk atau tengah tangan kanan ketuklah not yang ingin dibunyikan pada fretboard dan jari tangan kiri letakkan pada not lain yang lebih rendah.
  6. Trill : selang-seling dengan cepat antara not awal dan kedua memakai hammer on dan pull off
  7. Bending : tekan kuat jari kiri pada fretboard kemudian naikkan jari anda hingga nada yang dihasilkan menjadi naik
  8. Bend and release : petik, bending hingga nadanya naik 1/2 atau 1, kemudian balik lagi ke nada awalnya
  9. Vibrato : efek getar, dengan bending, getarkan senar dengan bending naik turun secara cepat, bisa dengan tangan kiri atau memakai tremolo/whammy bar
  10. Artificial harmonic : bunyikan not dengan seperti biasa, tapi pada picking tangan kanan iringi dengan senggolan sisi jempol, atau pucuk jari telunjuk, dengan volume atau tingkat efek distorsi tinggi akan menghasilkan bunyi decit harmonic.  
 Diinternet banyak sekali tablature guitar dari lagu-lagu mancanegara maupun indonesia tinggal cari aja lewat mbah google. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca :
- Tablature Andra n The Backbone - Lagi dan lagi
- Tablature Jamrud - Putri

    1 komentar: